Alaminya Air Panas Tiris

Lokasi wisata Air Panas Tiris jadi satu dengan Ranu Segaran, kira-kira 200 m lebih masuk. Karena sebelumnya saya sudah pernah ke Air Panas Padusan - Pacet, yang terbayang dalam benak saya kolam-kolam yang terpisah. Ternyata wisata Air Panas Tiris masih betul-betul alami, belum ada sentuhan yang artistik dari tangan-tangan manusia. Hanya diberikan tembok pemisah sederhana.

Kalau kita dari pintu masuk utama (kalau belok kanan ke arah Ranu Segaran), maka kita harus ambil jalan yang lurus sampai bertemu dengan tempat parkir sepeda motor atau mobil. Dari tempat parkir ini kita harus menuruni jalan yang cukup curam menuju ke sungai. Letak Air Panas Tiris ini tepat di tepi sungai. Di lokasi ini hanya ada satu warung, dua kamar ganti, dan 'bruga' untuk tempat bersantai.

Tidak seperti di Air Panas Padusan - Pacet yang tempatnya terpisah-pisah untuk kehangatan air, maka di Air Panas Tiris ini kita cukup mendekat ke sumber panas untuk merasakan kehangatan yang berbeda. Sementara di samping air panas ini, mengalir air sungai yang sangat jernih, dengan kedalaman hanya selutut. Di sekeliling air panas ini yang kita lihat adalah rimbunnya pepohonan yang sangat asri. Di seberang sungai ada sumber air yang cukup bagus lokasinya.






No comments:

Post a Comment