Damainya Ranu Segaran

Ranu Segaran terletak di Desa Segaran, kecamatan Tiris, +60 km arah tenggara dari Kota Probolinggo. Pintu masuk utama terletak di pertigaan sebelum Koramil Tiris.

Ranu Segaran merupakan danau alam, air tampak jernih, lingkungannya masih alami dan udaranya masih segar, sehingga memberikan kenyamanan dan ketenangan tersendiri bagi wisatawan. Hawa di sekitar terasa dingin, karena berada di ketinggian 600m dpl.

Ranu Segaran adalah salah satu danau yang terjadi akibat aktivitas vulkanik. Konon dulunya ini adalah bekas kawah namun karena sudah tidak aktif lagi dan tergenang air, akhirnya berubah menjadi danau.

Tiba di Ranu Segaran yang terlihat oleh kami adalah sebuah danau luas yang masih alami dan boleh dikatakan masih belum tersentuh modernisasi wisata. Di sini terdapat sebuah warung yang menjual makanan bagi para pengunjung. Beberapa orang yang sedang memancing, terlihat santai menunggu hasil umpannya. Sepeda air dan perahu juga disediakan untuk disewa di sini. Untuk sepeda air, kami harus membayar Rp. 10.000,- (Padahal di plakat terpampang Rp. 5.000,-).



Ranu Segaran memancarkan keindahan alam yang cukup memukau. Permukaan airnya yang tanpa riak menyiratkan ketenangan yang akan membawa kita terlarut di tengah keindahan alam dan menelusupkan suatu perasaan damai. Apalagi di sore hari, tampak beberapa orang memandikan kerbau, benar-benar suasana alam pedesaan yang kita jumpai di sini.



Tempat Wisata Probolinggo yang lain :
  1. Arung Jeram Songa - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  2. Air Panas Tiris - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  3. Gunung Bromo - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  4. Pantai Bentar - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  5. Air Terjun Madakaripura - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.


No comments:

Post a Comment