Bromo Gunung Dewa

Tak terasa sudah yang keempat kalinya saya naik gunung Bromo ini. Cuma selisihnya memang cukup jauh antara yang ketiga dan keempat ini, kira-kira tujuh tahun. Dan memang sudah banyak perubahan yang terjadi.

Dulu jalan turun menuju ke lautan pasir Gunung Bromo rusak berat, sekarang sudah halus mulus. Dulu sepeda motor hanya sampai tempat parkir, hanya jeep dan kuda yang bisa melalui lautan pasir Gunung Bromo, sekarang sepeda motor bisa dinaiki sampai dekat pura di kaki Gunung Bromo. Tapi karena saya masih berpikir lebih asyik berjalan kaki di lautan pasir, maka saya dan teman-teman berjalan kaki dari kawasan hotel menuju puncak Gunung Bromo.

Berapa kalipun saya naik ke puncak Gunung Bromo ini, decak kagum masih keluar dari mulut saya. Memang indah nian ciptaan Tuhan yang satu ini. Hamparan pasir yang luas, lekak-lekuk pegunungan, jurang yang terjal dan curam, indahnya matahari terbit, serta kawah yang tiada hentinya mengeluarkan asap menambah uniknya tempat wisata Gunung Bromo ini.

Nama Gunung Bromo diambil dari salah satu dewa hindu Brahma, merupakan gunung berapi yang masih aktif. Bentuk Gunung Bromo yang bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 km persegi. Tinggi Gunung Bromo 2.392 meter di atas permukaan laut itu berada dalam empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Bagi penduduk Bromo, suku Tengger, Gunung Brahma (Bromo) dipercaya sebagai gunung suci. Setahun sekali masyarakat Tengger mengadakan upacara Yadnya Kasada atau Kasodo. Upacara ini bertempat di sebuah pura yang berada di bawah kaki Gunung Bromo utara dan dilanjutkan ke puncak Gunung Bromo. Upacara diadakan pada tengah malam hingga dini hari setiap bulan purnama sekitar tanggal 14 atau 15 di bulan Kasodo (kesepuluh) menurut penanggalan Jawa. Sayang kita tidak datang pada saat upacara tersebut.



Tempat Wisata Probolinggo yang lain :
  1. Arung Jeram Songa - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  2. Ranu Segaran - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  3. Air Panas Tiris - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  4. Pantai Bentar - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  5. Air Terjun Madakaripura - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.


No comments:

Post a Comment