Hiu Tutul Berkeliaran di Pantai Bentar

Pantai Bentar adalah obyek wisata Probolinggo yang terletak di tepi jalan raya Surabaya – Banyuwangi, termasuk wilayah Kecamatan Gending. Jaraknya 7 km dari Kota Probolinggo, ke arah timur menuju Kraksaan. Obyek wisata Pantai Bentar sangat potensial mengingat lokasinya merupakan lintasan wisata dari Surabaya - Bali dan sebaliknya.


Wisata Pantai Bentar masih dalam taraf pengembangan. Rencana pengembangan di sekitar obyek wisata pantai ini akan didirikan Hotel Terapung dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya berupa water sport, sea aquarium, play ground, swimming poll, manggroves forest, dan fish pond. Sementara yang sudah ada adalah ruang kantor pengelola, panggung terbuka, toko, restauran, pujasera, kolam sepeda air, dan bonbin mini.

Yang agak unik di tempat ini adalah pada bulan Januari - Maret biasanya tampak Hiu Paus atau Whale Shark atau sering disebut Hiu Tutul berenang-renang di lautan yang berjarak kurang lebih 1 mil dari bibir Pantai Bentar. Mereka hanya berenang-renang dan tidak menyerang para nelayan yang sedang mencari ikan. Diperkirakan, hiu tersebut bermigrasi dari perairan Laut Australia karena perubahan cuaca dan mencari persediaan makanan berupa plankton.


Obyek Wisata Probolinggo yang lain :
  1. Air Terjun Madakaripura - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  2. Gunung Bromo - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  3. Ranu Segaran - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  4. Arung Jeram Songa - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.
  5. Air Panas Tiris - Wisata Probolinggo - Wisata Jatim.


No comments:

Post a Comment