Sabtu, 11 September 2010

Candi Tikus Mojokerto Jawa Timur

| Sabtu, 11 September 2010
Candi Tikus Mojokerto

Awalnya tidak ada di schedule kami untuk mengunjungi Candi Tikus Mojokerto, tujuan kami adalah Trenggalek, ke obyek wisata Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih Trenggalek, dan Goa Lowo Watulimo. Karena Hari Raya Idhul Fitri, jalan utama Mojokerto macet sehingga jalur dialihkan. Ketika kami melewati Candi Tikus Mojokerto ini, dan melihat banyak pengunjung, kami tertarik untuk mampir.

Tempat wisata Candi Tikus Mojokerto terletak di Dukuh Dinuk, Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur. Nama Candi Tikus Mojokerto diambil dari sejarah penemuannya pada tahun 1914, yaitu ketika desa tersebut diserang hama tikus. Saat pengejaran hama tikus tersebut, selalu masuk ke dalam gundukan tanah. Setelah diadakan pembongkaran, diketahui adanya sebuah candi. Maka oleh Bupati Mojokerto saat itu RAA Kromojoyo Adinegoro diperintahkan untuk melakukan penggalian. Setelah diadakan penggalian, ditemukan Candi Tikus Mojokerto ini yang terbuat dari bahan batu bata merah dengan ukuran 29,5 m x 28,25 m.

Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus obyek wisata Jawa Timur ini diperkirakan dibangun pada abad 13 atau 14. Bangunan Candi Tikus Mojokerto berupa kolam pemandian (petirtaan). Bangunan utama terdiri dari dua tingkat. Beberapa arkeolog menghubungkan Candi Tikus Mojokerto ini dengan buku Nagarakertagama yang ditulis oleh Mpu Prapanca pada tahun 1365 M bahwa ada tempat mandi raja dan upacara-upacara tertentu di kolam-kolamnya.

Sedangkan menurut AJ Bernet Kempers seorang arkeolog Belanda dalam bukunya Ancient Indonesia Art (1954), Candi Tikus Mojokerto merupakan replika atau lambang Mahameru. Di tengah Candi Tikus Mojokerto terdapat miniatur empat buah candi kecil yang dianggap melambangkan Gunung Mahameru tempat para dewa bersemayam. Sedangkan sumber segala kehidupan yang diwujudkan dalam bentuk air mengalir dari pancuran-pancuran yang terdapat di sepanjang kaki candi. Air ini dianggap sebagai air suci amerta, yaitu sumber segala kehidupan.Menurut kepercayaan Hindu, Gunung Mahameru merupakan tempat sumber air kehidupan, yang dipercaya mempunyai kekuatan magis dan dapat memberikan kesejahteraan. Menurut mitos air yang mengalir di Candi Tikus bersumber dari Gunung Mahameru.

Candi Tikus Mojokerto ini sempat dilakukan pemugaran pada tahun 1983-1986. Dari pemugaran ini diketahui bahwa Candi Tikus Mojokerto dibangun dalam dua tahap. Hal ini diketahui dari jenis batu bata merah yang digunakan. Tetapi kapan pembangunan tahap pertama dan kedua ini dilakukan, belum diketahui dengan pasti.

Tempat wisata Mojokerto yang juga pantas Anda kunjungi adalah Gapura Bajangratu, Air Panas Padusan, Air Terjun Grenjengan, Air Terjun Dlundung, dan Coban Canggu.

Lokasi Candi Tikus Tempat Wisata Mojokerto

Candi Tikus Mojokerto
Obyek Wisata Mojokerto
Tempat Wisata Jawa Timur

Lokasi Candi Tikus Obyek Wisata Jawa Timur


1 komentar: