Goa Lowo Watulimo Wisata Trenggalek - Jatim

Goa Lowo ini terletak di desa Watuagung, kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Dari kota Tulungagung kira-kira kita harus menempuh jarak 30 km, demikian juga apabila kita dari kota Trenggalek. Letak Goa Lowo ini kurang lebih 600 meter dari Goa Kedung Biru, yang merupakan petilasan para pertapa.

Goa Lowo Watulimo sebagai tempat wisata Trenggalek ini, terkenal sebagai goa yang terbesar se Asia Tenggara, mungkin juga se Asia. Goa Lowo Watulimo memiliki panjang sekitar 800 meter, dengan sekitar sembilan ruang yang luas di dalamnya dan beberapa ruang kecil.

Goa Lowo Watulimo pertama kali ditemukan oleh seorang pertapa yang bernama Lomedjo. Sejak tahun 1984 Goa Lowo ini dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Trenggalek sebagai salah satu unggulan Tempat Wisata Trenggalek, selain Pantai Prigi. Penerangan dan jalan buatan yang memudahkan untuk menikmati indahnya Goa Lowo ini juga sudah dibuat oleh pemerintah kabupaten. Termasuk fasilitas permainan anak-anak di luar Goa Lowo.
Pintu masuk ke Goa Lowo ini termasuk unik, karena berupa jembatan dari sebuah sungai yang memisahkan tempat parkir dan area Goa Lowo. Kita harus berjalan beberapa ratus meter sebelum menemui anak tangga yang menurun menuju ke mulut Goa Lowo. Goa Lowo dikelilingi hutan jati yang cukup rimbun.

Begitu melewati pintu Goa Lowo, kita disuguhi keindahan stalagtit dan stalagmit. Apalagi diatur pencahayaan yang berwarna-warni, cukup membantu melihat keindahan stalagtit dan stalagmit. Langit-langit Goa setinggi 20 meter lebih, sementara lebar goa sekitar 50 meter. Gemericik air dan cicit suara kelelawar masih bisa kita dengarkan, karena goa ini masih dihuni oleh kelelawar.

Silahkan jadikan Goa Lowo ini sebagai tempat tujuan Anda untuk berwisata, karena bila Anda dari Tulungagung menuju ke Pantai Prigi, maka Anda akan melewatinya.


Obyek Wisata Trenggalek yang lain :
  1. Pantai Prigi - Wisata Trenggalek - Wisata Jatim.
  2. Pantai Pasir Putih - Wisata Trenggalek - Wisata Jatim.
  3. Pantai Karanggongso - Wisata Trenggalek - Wisata Jatim.

No comments:

Post a Comment