Pantai Popoh Wisata Andalan Tulungagung

Pantai Popoh merupakan obyek wisata unggulan Tulungagung. Pantai Popoh berada di ujung timur Pegunungan Kidul, tepatnya di desa Besuli kecamatan Besuki, kabupaten Tulungagung. Pantai Popoh berada sekitar 30 km dari kota Tulungagung. Pantai ini berbentuk teluk sehingga tercipta suasana yang khas di dalamnya. Debur ombak dari Samudera Hindia tidak begitu kuat, sehingga tempat yang nyaman untuk berlabuh kapal nelayan. Tidak seperti pantai-pantai lain yang berada di pesisir Laut Selatan.

Di sekitar Pantai Popoh, puluhan perahu nelayan bersandar di tepi pantai. Bergoyang pelan mengikuti alunan riak, terlihat kontras dengan birunya air laut yang menghampar. Agak menjorok ke daratan, pepohonan berdiri rindang. Tertiup bagai melambai oleh hempasan angin laut yang sepoi.

Sejumlah sarana dan prasarana juga terdapat di sekitar Pantai Popoh. Pendopo tempat untuk istirahat, hotel yang cukup murah, penjual souvenir, bahkan pasar ikan pun ada. Pada saat tertentu, Pantai Popoh sering dimeriahkan berbagai event seni dan budaya. Seperti pertunjukan musik dangdut, pagelaran wayang kulit, jaranan, dan setiap Bulan Suro (Muharam) diselenggarakan upacara Labuh Semboyo.

Keunggulan lain dari potensi wisata Pantai Popoh ini adalah tersedia paket wisata bahari mengitari Pantai Popoh, dengan naik speed boat atau perahu motor. Wisatawan diajak mengelilingi tepian pantai hingga melewati Pantai Sidem, Terowongan Niyama yang merupakan peninggalan bersejarah di masa penjajahan Jepang. Lalu ke tengah lautan menuju ke Pantai Pasir Putih Coro, yang juga sedang digarap sebagai jujukan wisata.


Tempat wisata yang lain di Tulungagung :
  1. Pantai Brumbun - Wisata Tulungagung - Wisata Jatim
  2. Pantai Sidem - Wisata Tulungagung - Wisata Jatim

No comments:

Post a Comment