Candi Jawi Tempat Abu Raja

Candi JawiCandi Jawi terletak di kaki Gunung Welirang, tepatnya di Desa Candi Wates, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan. Candi Jawi ini persis terletak di pinggir jalan menuju Tretes, sehingga mudah sekali dijangkau oleh kendaraan umum.

Menurut cerita juru kunci, Candi Jawi dibangun oleh raja terakhir Singosari, yaitu Kertanegara pada abad ke-13. Candi ini bukan tempat pemujaan atau peribadatan, tetapi tempat penyimpanan sebagian abu Raja Kertanegara. Ini dibuktikan dengan pintu yang menghadap ke timur. Biasanya candi pemujaan selalu menghadap ke gunung, sementara Candi Jawi membelakangi Gunung Penanggungan. Tapi sebagian orang berpendapat lain, posisi pintu yang tidak menghadap ke gunung diperkirakan karena pengaruh Budha.

Keunikan lain dari Candi Jawi adalah batu yang dipakai sebagai bahan bangunannya terdiri dari dua jenis. Bagian bawah terdiri dari batu hitam, sedangkan bagian atas batu putih. Sehingga timbul dugaan bahwa bisa jadi Candi Jawi dibangun dalam dua periode yang berbeda.

Candi Jawi sudah dipugar tiga kali, dan banyak arca-arca yang seharusnya ada disini hilang atau berpindah tempat. Nilai historisnya jadi berkurang jauh, walaupun pemindahan tempat tersebut dengan alasan keamanan.


Candi Jawi

Tempat Wisata Pasuruan yang lain :

  1. Air Terjun Putuk Truno - Wisata Pasuruan - Wisata Jatim.
  2. Gunung Bromo - Wisata Pasuruan - Wisata Jatim.
  3. Air Terjun Kakek Bodo - Wisata Pasuruan - Wisata Jatim.

No comments:

Post a Comment