Watu Ulo Jember, Ular Yang Dimutilasi

watu ulo jemberPantai Watu Ulo terletak di desa Sumberejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Lokasi Pantai Watu Ulo bisa dikunjungi dari dua jalur. Yakni, dari jalur pusat kota menuju ke Kecamatan Jenggawah, dan berlanjut ke Kecamatan Ambulu. Sedangkan jalur kedua bisa menggunakan jalan dari pertigaan Rambipuji menuju ke Kecamatan Balung, kemudian berlanjut ke Kecamatan Ambulu. Bisa dilintasi oleh kendaraan apa saja karena jalan menuju ke sana sangat lapang dan mulus.

Watu Ulo adalah bahasa jawa, yang artinya batu ular. Di pantai ini, ada batu besar yang masuk ke laut, mirip sekali dengan badan ular, seolah-olah memiliki sisik. Ada beberapa versi cerita rakyat tentang ular ini. Salah satunya menceritakan bahwa hal tersebut terjadi karena perkelahian yang seru antara Joko Samudro penduduk setempat dengan ular raksasa. Si ular dapat dikalahkan dan agar tidak bisa hidup lagi, maka bagian tubuhnya harus dipisahkan. Kepalanya dipenggal dan dibuang di Rajegwesi Banyuwangi, Sementara badan ular sebagian di pantai Puger, sebagian lagi berada di tepi pantai ini. Pantai Watu Ulo berdampingan dengan Pantai Pasir Putih Malikan.

Pada era pendudukan Jepang, pegunungan di sekitar Pantai Watu Ulo dijadikan benteng pertahanan dan pengintaian bala serdadu musuh yang mau menyusup daratan melalui pantai. Benteng Jepang yang berjumlah lima buah tersebut oleh masyarakat setempat disebut sebagai Goa Jepang dan merupakan salah satu lokasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

watu ulo jemberwatu ulo jemberwatu ulo jember
Wisata Jember yang lain :

  1. Papuma - Wisata Jember - Wisata Jatim


No comments:

Post a Comment