Sabtu, 04 Juni 2011

Dapatkan Cinta Abadi di Situ Patengan Bandung

| Sabtu, 04 Juni 2011
Situ Patengan
Situ Patengan atau Situ Patenggang terletak di desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Kawasan Situ Patengan ini berjarak sekitar 47 km arah selatan dari pusat kota Bandung. Jika Anda dari Kawah Putih Ciwidey, tinggal beberapa km saja. Luas seluruh area Situ Patenggang sekitar 65 hektar, dengan luas danau sekitar 48 hektar. Hamparan kebun teh Rancabali menambah hijaunya lokasi ini.

Situ Patengan berasal dari bahasa Sunda Pateangan-teangan (saling mencari). Hal ini berasal dari kisah cinta Putra Prabu dan Putri Titisan Dewi yang besar bersama alam. Ki Santang dan Dewi Rengganis, mereka berpisah untuk sekian lama. Karena cinta mereka yang begitu dalam mereka saling mencari dan akhirnya dipertemukan kembali di sebuah tempat yang sampai sekarang dinamakan "Batu Cinta". Dewi Rengganispun minta dibuatkan danau dan sebuah perahu untuk berlayar (Pacaran jaman dulu susah ya..., kalau gak minta candi minta danau. Enak jaman sekarang, dibelikan bakso saja sudah cukup). Perahu inilah yang sampai sekarang menjadi sebuah pulau yang berbentuk hati yang disebut Pulau Asmara (Pulau Sasaka).

Menurut cerita ini yang singgah di batu cinta dan mengelilingi Pulau Asmara, senantiasa mendapat cinta abadi seperti mereka. Kalau Anda tidak mendapatkan cinta abadi, minimal si tukang perahu sudah mendapatkan duit dari Anda untuk keperluan anak isteri tercintanya (Jangan-jangan, ini strategi pemasaran si tukang perahu... Ha... ha... ha...).

Galeri Foto Situ Patengan Bandung


Situ Patenggang obyek wisata bandung
Situ Patenggang Bandung Situ Patengan
Situ Patenggang Situ Patengan

Lokasi Situ Patengan Bandung


3 komentar:

  1. Situ Patenggang merupakan sebuah danau dengan pemandangan yang sangat indah dan suhu yang sejuk dikelilingi perkebunan teh jangan anda lewatkan untuk mengunjunginya!

    BalasHapus
  2. ok gan kalau dari jakarta kira berapa dananya untuk sepasang ya sekalian plus rutenya dong

    BalasHapus
  3. Situs Patenggang perlu ditingkatkan pelatihannya terutama penambahan wahana baru mungkin ditambah Waterboom

    BalasHapus