Sabtu, 04 Juni 2011

Kerajaan Jin di Kawah Putih Ciwidey Bandung

| Sabtu, 04 Juni 2011
Kawah Putih Ciwidey

Dataran tinggi Bandung Selatan Jawa Barat yang merupakan kawasan Gunung Patuha, memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Banyak tempat wisata di area ini, dan yang paling indah adalah Danau Kawah Putih Ciwidey, Bandung. Alam pemandangan di sekitar Danau Kawah Putih Ciwidey cukup indah, dengan air danau berwarna putih kehijauan, sangat kontras dengan batu kapur yang mengitari Danau Kawah Putih Ciwidey Jabar. Di sebelah utara danau berdiri tegak tebing batu kapur berwarna kelabu yang ditumbuhi lumut dan berbagai tumbuhan lainnya.


Tentang Kawah Putih Ciwidey

Gunung Patuha oleh masyarakat Ciwidey dianggap sebagai gunung tertua. Nama Patuha konon berasal dari kata Pak Tua (Sepuh), sehingga masyarakat setempat sering menyebutnya dengan nama Gunung Sepuh. Lebih dari seabad yang lalu, puncak Gunung Patuha dianggap angker oleh masyarakat setempat sehingga tak seorangpun berani menginjaknya. Oleh karena itu, keberadaan dan keindahannya pada saat tersebut tidak diketahui banyak orang.

Gunung Patuha pernah meletus pada Abad X, sehingga menyebabkan adanya kawah (erater) yang mengering di sebelah puncak bagian barat. Kemudian pada Abad XII kawah di sebelah kirinya meletus pula, yang kemudian membentuk danau yang indah. Tahun 1837, seorang Belanda peranakan Jerman Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) mengadakan perjalanan ke daerah Bandung Selatan. Ketika sampai di tempat tersebut, Junghuhn merasakan suasana yang sangat sunyi dan sepi, tak seekor binatangpun yang melintasi daerah itu. Ia kemudian menanyakan masalah ini kepada masyarakat setempat, dan menurut masyarakat, kawasan gunung Patuha sangat angker karena merupakan tempat bersemayamnya arwah para leluhur, serta merupakan pusat kerajaan bangsa jin. Karenanya bila ada burung yang lancang berani terbang di atas kawasan tersebut, akan jatuh dan mati.

Meskipun demikian, orang Belanda yang satu ini tidak begitu percaya akan ucapan masyarakat. Ia kemudian melanjutkan perjalanannya menembus hutan belantara di gunung itu untuk membuktikan kejadian apa yang sebenarnya terjadi di kawasan tersebut. Namun sebelum sampai di puncak gunung, Junghuhn tertegun menyaksikan pesona alam yang begitu indah dihadapannya, dimana terhampar sebuah danau yang cukup luas dengan air berwarna putih kehijauan. Dari dalam danau itu keluar semburan lava serta bau belerang yang menusuk hidung. Terjawab sudah mengapa burung-burung tidak mau terbang melintasi kawasan tersebut.

Dari sinilah awal mula berdirinya pabrik belerang Kawah Putih dengan sebutan di jaman Belanda Zwavel Ontgining Kawah Putih. Di jaman Jepang, usaha pabrik ini dilanjutkan dengan menggunakan sebutan Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey, dan langsung berada di bawah pengawasan militer. Cerita dan misteri tentang Kawah Putih terus berkembang dari satu generasi ke generasi masyarakat berikutnya. Hingga kini mereka masih percaya bahwa Kawah Putih merupakan tempat berkumpulnya roh para leluhur.

Bahkan menurut kuncen Abah Karna yang sekarang berumur 105 tahun dan bertempat tinggal di kampung Pasir Hoe, Desa Sugih Mukti, di Obyek Wisata Kawah Putih terdapat makam leluhur, diantaranya : Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong. Salah satu puncak Gunung Patuha, Puncak Kapuk, dipercaya sebagai tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru. Di tempat ini masyarakat sesekali melihat secara gaib sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan) yang dipercaya sebagai penjelmaan dari para leluhur.

Galeri Foto Kawah Putih Ciwidey

wisata Kawah Putih Ciwidey wisata Kawah Putih Ciwidey
Tempat Rekreasi Ciwidey Tempat Rekreasi Ciwidey
Obyek Wisata Bandung Obyek Wisata Bandung
Tempat Wisata Jawa Barat Tempat Wisata Jawa Barat
Kawah Putih Ciwidey Kawah Putih Ciwidey
Kawah Putih Kawah Putih

Detail Danau Kawah Putih Ciwidey

Nama Tempat Wisata Danau Kawah Putih Ciwidey
Kategori Wisata Wisata Alam - Wisata Danau - Wisata Gunung
Wisata Provinsi Obyek Wisata Jawa Barat
Wisata Daerah Obyek Wisata Bandung
Alamat Desa Alam Endah, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung Jawa Barat
Wisata Lain Terdekat Rengganis Suspension Bridge, Ecopark Curug Tilu, Driam Riverside And D’riam Riverside Resort, Barusen Hills Ciwidey, Candy House, Happyfarm Ciwidey, Bukit Jamur Ciwidey, Palalangon Park, Pinisi Resto, Ranca Upas, Ciwidey Valley Hot Spring Water and Resort, Glamping Legok Kondang Lodge, Jembatan Kereta Api Cikudapateuh, Kawah Rengganis Ciwidey, Perkebunan Rancabali dan Curug Tilu, Kebun Strawberry Emte Highland Resort, EmTe Highland Resort, Situ Patengan

Lokasi Kawah Putih Ciwidey


8 komentar:

  1. entry yang menarik... harapnya gw jg bisa melawat sana suatu hari nanti...

    BalasHapus
  2. Kawah putih merupakan salah satu objek wisata menarik di daerah Bandung yang jangan sampai anda lewatkan untuk mengunjunginya ketika anda berlibur di kota Bandung.

    BalasHapus
  3. Ternyata di Kawah Putih menyimpan kisah misteri juga ya. Ingin tahu tempat liburan mana lagi di Bandung yang penuh kisah mistis? Kunjungi http://sebandung.com/2014/04/wisata-misteri-di-bandung/ yuk untuk cari tahu.

    BalasHapus
  4. dasar kolot baheula jadi ngerakeun urang sbg orang ciwidey asli ,,, hahaha

    BalasHapus
  5. Link informsi wisata ciwidey www.ciwidey-rendezvous.com

    BalasHapus
  6. Kemaren gw kesana, pas arah balik turun ke pos masuk rem gw kaya gak berfungsi mobil gak mw berhenti. Selepas keluar dari kawah putih rem mobil berfungsi normal kembali...ngeri banget asli dag-dig-dug

    BalasHapus
  7. butuh rental mobil dari Jakarta ke Ciwidey, bisa mampir di sini www.rentalmobiljakartabandung.com dijamin murah dan nyaman

    BalasHapus