Ke Kebun Binatang Ragunan, Jenguk Saudara Tua

Kebun Binatang Ragunan

Si Olla berkunjung ke Jakarta untuk menengokku. Sudah hampir dua minggu dia di Jakarta, tetapi aku belum sempat mengajaknya jalan-jalan. Belum ada waktu, karena aku selalu disibukkan oleh pekerjaan. Hari sabtu, aku harus mengisi kegiatan refresh training. Kuajak dia dengan maksud nanti pulangnya langsung menuju ke Kebun Binatang Ragunan. Maklum Jakarta, kalau tidak seperti itu, waktu terbuang percuma hanya di jalan saja. Pukul 12:00 tepat acara selesai, langsung kuluncurkan revoku menuju Kebun Binatang Ragunan.

Kebun Binatang Ragunan merupakan kebun binatang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 1864 dan saat itu diberi nama Planten En Dierentuin, yang artinya 'Tanaman dan Kebun Binatang'. Sekarang disebut Kebun Binatang Ragunan karena terletak di daerah Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Indonesia.

Kebun Binatang Ragunan

Pada mulanya Kebun Binatang Ragunan terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini Jakarta Pusat. Tanah tersebut pemberian seorang pelukis ternama Indonesia, Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia. Pada Tahun 1949 nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1964 dipindahkan ke kawasan Ragunan yang merupakan tanah hibah dari Pemerintah DKI Jakarta 30 hektare. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966. Saat ini, Kebun Binatang Ragunan sudah mencapai 140 hektar luasnya. Di dalamnya terdapat berbagai koleksi yang terdiri dari 295 spesies dan 4040 spesimen.

Wisata Jakarta Selatan

Selain melihat binatang, di Kebun Binatang Ragunan kita bisa duduk santai diantara rerimbunan pepohonan sambil menikmati semilir angin dan kicau burung. Atau kalau Anda ingin naik gajah, kuda, kereta, atau andong keliling Kebun Binatang Ragunan, semua itu bisa Anda lakukan. Tapi yang mengecewakan, ketika si kecil minta ice cream Miami harganya Rp. 12.000,- bro padahal di luar cuma Rp. 3000,-

Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Wisata DKI Jakarta

Ragunan Zoo

Kebun Binatang Ragunan


Lihat Peta Lebih Besar Kebun Binatang Ragunan DKI Jakarta


4 comments: