Sabtu, 22 Januari 2011

Pura Batu Bolong Lombok

| Sabtu, 22 Januari 2011
Pura Batu Bolong Wisata Lombok
Kalau Anda mau ke Pantai Senggigi dari Ampenan, pasti Anda akan melewati Pura Batu Bolong. Pura Batu Bolong hanya sekitar 1,5 km sebelum Pantai Senggigi, atau sekitar 12 km dari Kota Mataram. Ini bisa dilalui dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Sempatkan waktu untuk mengunjungi Pura Batu Bolong ini, Pura Batu Bolong memiliki keunikan dan keindahan tersendiri.

Sesuai dengan namanya, Pura Batu Bolong terletak di karang hitam yang memiliki lubang di tengah-tengahnya. Posisi Pura Batu Bolong yang menjorok ke laut, menjadikan Pura Batu Bolong semakin istimewa. Secara geografis, Pura Batu Bolong ini menghadap langsung ke Gunung Agung Bali, karena persis terletak di selat Lombok. Apabila udara cerah, maka Gunung Agung Bali akan tampak dari pelataran Pura Batu Bolong ini.

Ada beberapa legenda yang menceritakan Pura Batu Bolong, yang pertama adalah Pura Batu Bolong ini dulu digunakan sebagai tempat pengorbanan Perawan Cantik untuk ikan hiu yang berkeliaran di area pantai. Legenda lain mengatakan Pura Batu Bolong ini tempat wanita patah hati menerjunkan diri ke laut. Ah, mana yang benar, aku juga tidak tahu. Buatku, keindahan saat matahari terbenam yang bisa kita nikmati di Pura Batu Bolong inilah yang terpenting.

Ketika Anda masuk area Pura Batu Bolong, Anda akan diberi pita kuning. Tidak ada ticket khusus yang harus Anda beli, cukup seikhlasnya Anda berikan untuk perawatan Pura ini. Jika Anda datang berpasangan, pasti Anda diingatkan untuk tidak berbuat maksiat di area Pura Batu Bolong ini. Penulis yang waktu itu datang bersama adik kandungpun diingatkan hal tersebut. Hehehe...

Galeri Foto Pura Batu Bolong Lombok


Pura Batu Bolong
Pura Batu Bolong

Lokasi Pura Batu Bolong Lombok


1 komentar:

  1. Keren min selain bisa menikmati keindahan pantainya, bisa juga melihat Pura Batu Bolong seperti di tanah Lot Bali :)

    Bagi sobat traveller yang ingin melihat Pura Batu Bolong dengan foto virtual. Bisa lihat di sini:

    http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=327

    Salam kenal.

    BalasHapus