Minggu, 12 September 2010

Pantai Prigi Trenggalek Jawa Timur

| Minggu, 12 September 2010
Pantai Prigi

Pantai Prigi terletak 48 km selatan kota Trenggalek, tepatnya di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek. Pantai Prigi dikelilingi oleh bukit-bukit. Pantai Prigi adalah pantai di pesisir selatan yang terletak di tepi Samudera Indonesia. Selain menjadi objek wisata yang sering dikunjungi, Pantai Prigi juga merupakan pelabuhan nasional, dimana tempat penangkapan ikan terbesar di pantai selatan Pulau Jawa. Di sebelah kiri pantai terdapat tempat pelelangan ikan yang cukup besar.

Kawasan wisata Pantai Prigi merupakan sebuah rangkaian pesisir yang membujur dari timur ke barat yang berbatasan dengan Bukit Kapur. Tiga pantai tersusun dengan rapinya di area ini, yaitu Pantai Karanggongso, Pantai Pasir Putih Trenggalek, dan Pantai Prigi. Tiga pantai ini merupakan andalan Tempat Wisata Trenggalek. Kawasan Pantai Prigi lebih luas dibandingkan dengan kedua pantai yang lain, tetapi dari pengamatan, Pantai Pasir Putih yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pada bulan Selo kalender Jawa, Pantai Prigi menjadi lebih ramai karena para nelayan di pantai ini akan menggelar upacara tradisional Larung Sembonyo. Larung Sembonyo adalah upacara tahunan sebagai bentuk ucap syukur kepada Tuhan akan hasil laut yang melimpah. Selain sebagai upacara ucap syukur, penduduk lokal juga percaya bahwa ritual Larung Sembonyo diadakan sebagai bentuk peringatan pernikahan dalam sejarah Raden Tumenggung Yudha Negara, yaitu seorang kepala prajurit Kerajaan Mataram yang berhasil membuka wilayah Prigi dengan jaminan bersedia menikahi Putri Gambar Inten.

Pantai Prigi Pantai Prigi

Pemandangan alam yang terpantau di Pantai Prigi ini sangat mempesona. Ketika datang ke tempat wisata Pantai Prigi, kalian akan disuguhkan dengan bibir pantai yang sangat luas. Di sepanjang 4 km dari pantai ini kita bisa menikmati pemandangan eksotis nan mempesona, ombak-ombak bergulung lembut serta semilir angin pantai yang begitu segar. Saking luasnya pantai tersebut membuat pengunjung bisa bebas melakukan apa saja tanpa terganggu pengunjung lainnya.

Meskipun pasir pantinya berwarna hitam kecoklatan, tapi tidak mengurangi Keindahan wisata pantai ini. Pesona salah satu obyek wisata jatim ini sungguh cantik ditambah dengan ombak-ombak kecil yang menghantam teluk, menjadikan kawasan ini memiliki daya tarik yang tidak dimiliki oleh pantai lain. Teduh, tenang serta sangat menenangkan hati. Apalagi, ketika angin sepoi berhembus menerpa kulit, saat itulah kenikmatan suasana pantai terasa.

Jam Buka Pantai Prigi

Obyek wisata Pantai Prigi buka setiap hari Senin-Minggu dan hari libur lainnya dengan jam buka 24 jam. Tetapi untuk fasilitas yang tersedia di sini memiliki jam operasional berbeda-beda.

Galeri Foto Pantai Prigi Wisata Trenggalek

Pantai Prigi Pantai Prigi
Wisata Jawa Timur Wisata Jawa Timur
Pantai Prigi Pantai Prigi
Obyek Wisata Trenggalek Obyek Wisata Trenggalek
Pantai Prigi Pantai Prigi
Pantai Prigi Wisata Trenggalek Pantai Prigi Wisata Trenggalek
Pantai Prigi Pantai Prigi
Pantai Prigi Wisata Trenggalek
Pantai Prigi Wisata Jatim

Detail

Nama Tempat Wisata -
Kategori Wisata Wisata Alam - Wisata Bahari - Wisata Pantai
Wisata Provinsi Wisata
Wisata Daerah Wisata
Alamat Jl. Raya Pantai Prigi No.360, Ketawang, Tasikmadu, Kec. Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66382
Wisata Lain Terdekat -

Lokasi Pantai Prigi Wisata Jawa Timur


Tidak ada komentar:

Posting Komentar