Senin, 13 September 2010

Pantai Brumbun Tulungagung Jawa Timur

| Senin, 13 September 2010
Pantai Brumbun Tulungagung
Kurang puas dengan pemandangan Pantai Popoh dan Pantai Sidem, langsung kutancap gas honda revoku menuju Pantai Brumbun. Begitu semangatnya tancap gas, sampai keblabasan kurang lebih 3 km. Terpaksa deh kembali lagi.

Pantai Brumbun terletak di desa Wonokoyo Kecamatan Tanggunggunung, 35 km selatan kota Tulungagung. Tidak seperti Pantai Popoh, ke Pantai Brumbun ini minim sekali petunjuk jalan. Jalan menuju ke Pantai Brumbun pun cukup sulit. Jalan aspal bergelombang, itupun sudah banyak yang rusak. Bagi yang menggunakan mobil, maka harus mengalah bila berpapasan dengan mobil yang lain. Jalan yang dilalui cukup sempit.

Tapi begitu melihat pemandangan alam dari atas bukit, maka decak kagum akan keluar dari mulut kita. Keindahan alam sudah terlihat kurang lebih 300 meter sebelum memasuki Pantai Brumbun. Hamparan laut yang luas dan biru, beberapa pulau kecil yang hijau, akan membuat mata kita bersinar kembali. Tinggal menuruni jalan yang cukup terjal dan tikungan tajam, kita bisa bermain air laut yang biru dan tenang.

Di Pantai Brumbun ini, tidak ada penarikan ticket masuk seperti tempat wisata-tempat wisata yang lain. Juga tidak ada tukang parkir. Anda tinggal taruh kendaraan di tepi pantai sesuai kehendak anda sendiri. Warung makanan juga tidak ada di Pantai Brumbun ini. Mungkin pedagangnya sedang mudik lebaran. Untung ada Abang Pentol yang datang menggunakan sepeda motor, langsung aku beli Rp. 5.000,- untuk mengganjal perut.

Pantai Brumbun tidak begitu panjang, kurang lebih 500 meter. Pantai Brumbun merupakan teluk dari laut lepas Samudra Hindia. Lautnya tenang sehingga enak dibuat berenang. Di ujung teluk tampak beberapa pemancing sibuk dengan kailnya. Sementara di kanan Pantai Brumbun terdapat delta pasir putih, yang dikelilingi sungai. Sangat asyik untuk bermain sepak bola. Listrik belum masuk di desa ini. Penduduk menggunakan solar cell (pemanfaatan tenaga matahari) untuk penerangan.

Ketika akan beranjak pulang, deru ombak tercemari oleh ulah beberapa pemuda yang blayer-blayer sepeda motor sambil berkeliling sepanjang jalan dan tepi pantai. Untung aku sudah beranjak pulang, kalau tidak.... Hehehe... (Guaya Puolll...)

Galeri Foto Pantai Brumbun


Pantai Brumbun Tulungagung Pantai Brumbun Tulungagung
Pantai Brumbun Tulungagung Pantai Brumbun Tulungagung
Pantai Brumbun Tulungagung Pantai Brumbun Tulungagung
Pantai Brumbun Tulungagung Pantai Brumbun Tulungagung

Lokasi Pantai Brumbun


4 komentar: