Birunya Pantai Sendang Biru

Pantai Sendang BiruPantai Sendang Biru letaknya di Malang Selatan, tepatnya di dusun Sendangbiru, desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing, Kabupaten Malang. Jaraknya kira-kira 70 km dari pusat kota malang. Lumayan jauh kalau ditempuh dengan sepeda motor, cukup membuat pantat panas. Jalur yang dilewati daerah perbukitan, pemandangannya cukup indah. Jadi tidak akan membuat bosan menempuh perjalanan menuju Pantai Sendang Biru.

Pantai Sendang Biru juga bisa dijangkau dengan kendaraan umum. Dari Terminal Arjosari Anda bisa naik angkot AG atau AMG ke Terminal Gadang. Di Terminal Gadang Anda melanjutkan perjalanan dengan naik elf ke Turen. Nah disini kesabaran Anda akan diuji. Kenapa? Karena kalau penumpang belum penuh, elf tidak akan berangkat. Pasti Anda akan mandi keringat kepanasan di dalam elf (hehehe... makanya cepat beli mobil pribadi).

Sendang BiruDPantai Sendang Biru kita bisa menyewa perahu mesin untuk berkeliling (Rp. 100.000,-). Untuk perahu kecil dan Anda harus mendayungnya sendiri, cuma Rp. 50.000,- Tapi perahu tersebut tidak dilengkapi dengan pelampung. Kata sang pemilik, Anda bisa memakainya sampai bosan.

Warna laut di Pantai Sendang Biru sesuai benar dengan namanya. Makanya Pantai Sendang Biru merupakan surga bagi pelaut ataupun pemancing. Menurut seorang teman yang pemancing, dia pernah kehilangan stick pancing gara-gara ditinggal sebentar ambil rokok. Padahal umpannya cuma udang. Bisa kita bayangin seberapa besar ikan yang menarik umpan tersebut. Bila Anda tidak bisa memancing tapi mau makan ikan yang segar, Anda bisa langsung belok ke pasar ikan, tempat berkumpulnya nelayan Pantai Sendang Biru jual-beli hasil tangkapannya. Cukup murah kok, cuma Rp. 10.000,- per kg. Disini Anda bisa dapatkan mulai ikan sebesar kelingking sampai sebesar anak.

Mau ke tempat yang lebih eksotis lagi? Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Pulau Sempu. Pulau Sempu persis berada di seberang Pantai Sendang Biru.  Jika Anda berniat camping disana, maka Anda harus mengantongi ijin masuk dari Dinas Perhutani, karena kawasan tersebut masih diindungi. Ijin bisa Anda dapatkan di tempat pembelian ticket Sendang Biru. Tetapi bila Anda cuma ingin bermain di pinggir pantai Pulau Sempu, tukang perahu akan mengantarkan Anda meskipun tanpa ijin. Anda tinggal mencatat nomor HP si tukang perahu, nanti kalau Anda sudah bosan bermain, Anda bisa menghubungi kembali si tukang perahu agar menjemput.

Pantai Sendang BiruSendang Biru MalangSendang Biru


No comments:

Post a Comment